|
[b:8d36c]Vitamin E dapat meningkatkan resiko kanker prostat[/b:8d36c]
Diambil dari foxnews.com. Vitamin E memang mempunyai manfaat terhadap kardiovaskular & otak, tetapi sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi 400 IU vitamin E setiap hari, mengalami peningkatan resiko untuk terkena kanker prostat.
dr. Eric Klein, seorang dokter di klinik Cleveland & juga mengepalai penelitan tersebut mengatakan, “ Hasil penelitan menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi vitamin E saja mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker prostat sebesar 17 % dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi placebo “.
Para peneliti melakukan penelitian efek dari vitamin E tersebut kepada lebih dari 3500 pria selama jarak waktu 7 tahun, karena awalnya mereka berpendapat bahwa vitamin E & selenium dapat mengurangi resiko terjadinya kanker prostat.
Menurut dr. Klein, “ peningkatan resiko mulai timbul setelah para pria berhenti mengkonsumsi vitamin E, orang biasa berfikir bahwa vitamin merupakan zat yang tidak berbahaya, tetapi sebenarnya hal tersebut tidak benar. Vitamin merupakan zat aktif & bagian dari fisiologi normal, apabila terlalu benyak asupannya yang tidak normal bagi tubuh juga dapat menjadi berbahaya “.
Dr. David Samadi, seorang anggota tim Fox News Medical & kepala pengajar bagian bedah minimal-robotik di Sinai School of Medicine di kota New York juga setuju akan hal tersebut. Menurutnya, “ saat ini kita telah mempunyai pengertian yang lebih baik mengenai hubungan antara vitamin E dengan kanker prostat. Hal penting dari penemuan mereka adalah kehati-hatian dalam memberikan pengobatan alternatif, karena kita sebaiknya mendasari praktek kedokteran kita dengan bukti dari hasil percobaan klinis “.
Di Amerika Serikat sendiri, kanker prostat merupakan salah satu tipe kanker yang banyak ditemui pada pria. Hasil penelitian tersebut telah di publikasikan dalam Journal of the American Medical Association.
|